Skip navigation

Mata suami terbelalak melihat saldo rekening saya di ATM pasca berbelanja bulanan yang dilakukan tanggal 2 kemarin. Saya pun tak kalah shock melihat deretan angka tadi. Terakhir kali mengalami ‘tanggal muda sudah koma’ adalah bulan-bulan awal bekerja di Jakarta. However, I learn to be literate on financial planing by interviewing financial advisors for articles (perk of my job) and reading stuffs. Now I’m doing baby steps on investing, so yes, it is a big shock for me and whole ride to Tebet from MT Haryono felt longer with my mind couldn’t stop thinking, “Aku apain uangku?”

Bulan kemarin memang festive, puasa disambung Idul Fitri. Dan, seperti iklan-iklan yang menghabiskan budget tahunan mereka di halaman-halaman tabloid tempat saya bekerja, saya pun (tampaknya) melakukan hal yang sama. But wait, I didn’t buy any new clothes, my husband bought me one. Yes, I bought couples clothes for my family, tapi masa, sih, sampai segitunya pengeluaran bulan ini?

“Oh ya, bayar zakat penghasilan. Waktu itu, kan, zakat suami ditransfer memakai uang di rekening saya!” pikir saya. Hold on, suami sudah menggantinya beberapa waktu lalu dan uangnya saya simpan di dompet. BIG MISTAKE! Padahal unitlink yang saya stop, baru kemarin cair. Hiks. So that’s mean, I actually has more money in my saving.

Tapi, saya yakin uangnya tidak lari ke mana-mana soalnya saya sungguh pelit terhadap diri sendiri. Hehe. Lalu ke mana? Setelah mengecek rekening via internet banking bersama suami (risiko menikah hehe), ternyata pengeluaran saya adalah:

1. Cicilan utang ke bank » suami membayar pembantu, THR, listrik dan air (yang melonjak), tv kabel plus internet.

2. Beli properti foto artikel berupa baju koko anak kecil » yang disambung belanja DVD. Damn you ITC Permata Hijau, tapi properti masih bisa di-reimburse, semoga bonnya enggak hilang.

3. Tambahan THR pembantu, THR 2 TB, ongkos kirim parsel. » masih bisa reimburse untuk pengeluaran terakhir.

4. Kue kering untuk ibu plus uang Lebaran untuk ibu, baju Lebaran bapak, baju lebaran Al (so called exchanging gift), baju lebaran dan hadiah untuk adik-adik, THR adik-adik. » Keponakan dari keluarga suami ditanggung suami.

5. Zakat penghasilan » bulan depan akan menyisihkan langsung, jadi enggak kaget bayarnya 🙂

6. Tabungan berencana » suami senang pas melihat nominal yang sudah terkumpul dan due date-nya Oktober.

7. Belanja untuk masak » err.. Tidak terlacak meski bon dikumpulkan. Big mistake! Yang pasti pengeluaran ini agak besar, hehe lagi hobi masak buat Al dan teman-teman kontrakan.

8. Dana Pensiun » yes, dipotong dari gaji sehingga nominal gajiku agak berkurang. Yang kayaknya, sih, bikin ketar-ketir bulan ini. Hehe. But, it’s okay *nelen ludah*.

Aaaaah! Meski shock, agak lega rasanya ketika tahu ke mana pundi-pundi yang dikumpulkan melayang. Tempatnya tepat, errr meski belanja masak harus direm karena over budget berkali-kali. Sedihnya, another baby steps tidak bisa dieksekusi bulan ini. Terpaksa rehat dulu, bulan depan lanjutin lagi si baby steps-nya. Dalam hati masih tenang soalnya masih ada rekening dingin, tapi, kan, itu buat DP rumah, ya. Hahaha.

So I challenged myself to tighten my expenses with tiny amount that’s left til payday. *nelen ludah lagi*

“Aku mau lihat, dong, rekening kamu!” todong saya pada Al. FYI, suami baru saja lepas dari “masa kegelapan” karena sudah mempunyai key untuk internet banking.

Saya klik sana-sini. Lalu dia bilang, “Lihat rekening Al, dong, berapa saldonya.” Agak deg-degan, soalnya sehabis belanja bulanan tadi, dia bilang, “Ini belanja terakhir, ya!” Saya sempat mikir, pengeluaran dia juga jor-joran Lebaran ini (our first Lebaran btw :p), jadi mungkin situasi keuangannya mirip saya. Dan posisi saldo terakhirnya ternyata lebih bagus daripada saya.

Agak iri dan khawatir tapi tenang juga, komen saya hanya, “Yah, gajianku masih lama..”
“Tenang, ada Al. U can count on me, Beb.”

Kata-kata terakhirnya tadi sangat romantis dan realistis. Bukannya matre, tapi hei, after all a woman need to be secure, right!? By that, I mean emotionally and financially secure 😀

Anyway, how’s your Lebaran draining your account?

 

atm comic from here
grocery shopping from here

 

 

 

Leave a Reply

